karungut Dayak Kalimantan Tengah

Sunday, June 16, 2013

Kecapi khas Suku Dayak di Kalimantan Tengah .

     ADIL KATALINO ,BACURAMIN KASARUGA ,BASENGAT KA JUBATA .
     TABE SALAMAT LINGU NALATAI ,SALAM SUJUD KARENDEM MALEMPANG

Shalom ,perkenalkan nama saya Kalvery Ben Gorio ,saya lahir di Palangkaraya , Kalimantan Tengah ,22-5-1994 . Dan saya dari suku Dayak Ngaju yang turun dari Ayah dan Ibu saya . Di sini ,saya akan membagikan sedikit tentang alat musik tradisional khas suku Dayak . Dan kebetulan saya salah satu seniman yang ingin mengangkat kebudayaan di daerah saya . bersama teman-teman dan kaka-kaka saya (senior) yang tanpa kata lelah dan bosan menampilkan kebudayaan kami . Langsung saja :

    Kecapi adalah salah satu alat musik tradisional khas suku Dayak di Kalimantan Tengah. Kebanyakan orang-orang hanya tahu Sampe(Khas Kalbar-Kaltim-KalTara) sebagai alat musik tradisional suku Dayak. Seperti yang saya lihat ,ada beberapa tayangan yang gambarnya menampilkan Kalimantan Tengah atau masyarakat-masyarakatnya ,akan tetapi backsoundnya justru Sampe. Ini sangat di sayangkan . Dan saya langsung konek ,kok sperti itu dan saya bertanya-tanya . Saya sangat peduli soal ini ,karena saya selaku pemuda yang murni keturunan Dayak yang tinggal di Kalimantan Tengah ,tidak ingin kebudayaan kami punah ,dan tentu saja ingin diketahui banyak orang . Dan di sini ,bukan maksud saya ingin membedakan ,tapi hanya ingin memberi tahu kepada anda bahwa sangat banyak keragaman budaya dari suku Dayak.
     Saya akan jelaskan sedikit peerbedaan Kecapi khas Dayak Kalimantan Tengah dan Sampe Khas Dayak Saudara-Saudari kami di Kalimantan Timur ,Kalimantan Barat ,Kalimantan Utara ataupun yang ada di Serawak . Seperti yang kalian ketahui ,nada Sampek adalah MAYOR. Dan di mainkan dengan beat yang slow . Dengan ukuran yang menurut saya besar dan panjang . Dan memiliki 5 senar . Terbagi pula pada Rhytm dan Lead .







 

 


 Lain halnya dengan Kecapi . Kecapi sendiri memiliki khas tersendiri yang tak kalah . Kecapi bisa di mainkan dengan 2 senar ataupun 3 .Yang 2 senar untuk Rhythm dan yang 3 senar untuk Leadnya . Letak perbedaan kecapi Dayak Kalimantan Tengah dengan Sampe Dayak Kalimantan Barat ,Kalimantan Timur ,Kalimantan Utara dan yang ada di Serawak yaitu pada nadanya . Jika pada Sampe bernadakan mayor ,Kecapi bernadakan MINOR . Biasanya bermain kecapi ,selalu di iringi dengan permainan gendang ,gong ,suling juga rebab . Nah ,bermain kecapi wajib ditemani dengan nyanyian . Inilah yang di sebut dengan Karungut .



































                                                                          


JIKA ANDA MASIH PENASARAN ,SILAHKAN SEARCH DI https://soundcloud.com/search?q=Karungut .

Demikian sedikit informasi yang saya buat . Walaupun sedikit , Semoga bisa bermanfaat besar bagi kawan-kwan semua .
Shalom .
Salam Dayak .
lolololooooooo ,kiiiiwwww ..



6 comments:

  1. Bagus le, terus menulis budaya & seni Dayak kususnya Kalteng. Salam dari http://dayak-artmusic.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thankyou are2 brother sdah mampir ke blogku.. Siap 86.

      Delete
  2. Very, ini Olive. I need more information Ver.. Ntar aku hubungin km lah.. buat tugas kuliahku..

    ReplyDelete
  3. Salam tabe pahari,
    aku Jefrilius Virgusto Manan lahir Palangkaraya Dayak Ngaju kia,
    isut handak babagi je kaha-kaha tikas katawanku, memang instrumen sape tuh beken instrumen je nyupa itah bara kakurik , baya aku tege isut mangatawan akan organologi instrumen sape ,jaman huran bahan kayu bulat ije ingutat jadi tampan besei, baya amun akan senar hung tradisi te sama dengan kacapi, ye te senar 3 dengan 2 , dan tege Rhythm dengan Lead kia, dan amun jadi tame guang senar ije labih bara jite , keleh itah manyewut ah pengembangan atau kebutuhan ekplorasi ndai. Gawi ganan kebutuhan player wayah tuh senar tuh tau sampai 12 labih ndai , kute kia dengan kacapi wayah tuh tege je sampai senar 4 , baya ela itah manyewut tradisi jite, gawi jite pengembangan berangkat bara kebutuhan player endau nah.

    kute kia akan tempo mungkin gawi kecendrungan ih kacapi selalu capat, tapi sape kia dia halajur tempo lambat, dengan kacapi memang tarus minor dengan harmoni La Do Re Mi Sol la " , tapi melai sape tege kia minor baya je jadi patokan sape cendrung nada awal Do dengan akhir melai Do kia , hanya tege daerah ah kia je sape tuh memang minor dan jite tege dayak ah, hanya aku kurang info akan hete, amun kacapi La supa La" .

    aku setuju dengan itah harus mampakasene ain itah tege instrumen kacapi intu kalteng, bahalab tulisan jituh pahari :)

    tikas jite je isut ayung ku je ulih mbagi pahari , jatun maksut narai-narai, baya aku kia dia handak kesenian itah berubah dan nihau gawin jaman(perkembangan/eksplorasi), terutama hung tradisi.
    Syallom,,Salam tabe

    ReplyDelete
  4. trimkasih broh akhirnya dapat refrensi untuk skripsi nah :)

    ReplyDelete
  5. salam pahari,,,bara barito...la sampai nihau budaya itah kabuat...semangart

    ReplyDelete